Home Course Faris Academy

Faris Academy

Faris Academy

Lesson 3.9 Causes : Obat

Obat

Ada beberapa obat yang dapat menyebabkan pengembangan atau peningkatan jerawat.

Terapi Steroid dan Hormon

Steroid diketahui memiliki efek pada produksi testosteron dan DHT tubuh. Steroid oral (diminum) dan steroid yang dioleskan langsung ke kulit dapat meningkatkan jumlah testosteron dan DHT dalam tubuh. Peningkatan dua hormon ini dalam tubuh menghasilkan kelenjar minyak yang lebih besar dan terlalu produktif di kulit, yang dapat menyebabkan peningkatan jerawat.

Terapi penggantian hormon untuk wanita dan steroid androgenik, steroid yang digunakan untuk meningkatkan kinerja fisik dan membangun otot, juga dapat memiliki efek yang sama pada kelenjar minyak kulit, seperti halnya beberapa obat kontrasepsi berbasis progesteron.

Steroid topikal, yaitu steroid yang dioleskan langsung ke kulit Anda, dapat menyebabkan dan memperburuk jerawat di daerah tubuh tempat mereka diaplikasikan.

Obat lain

Obat lain, seperti lithium dapat memperburuk jerawat yang ada dengan menyebabkan peningkatan peradangan pada kulit.

Ada obat lain yang dapat menyebabkan ruam seperti jerawat, seperti obat antikonvulsan. Namun, ruam ini bukan jerawat dan tidak boleh diperlakukan seperti itu.

Jika Anda memiliki kekhawatiran mengenai obat yang Anda minum dan kemungkinan efek sampingnya, dapatkan saran dari dokter Anda.