Home Course Faris Academy

Faris Academy

Faris Academy

Lesson 5.7 Chemical Peels

Pengelupasan Kimia

Tujuan

Untuk memecah dan menghilangkan lapisan luar kulit yang terkena jerawat

Efek samping

Iritasi kulit, luka bakar, jaringan parut, dan perubahan warna kulit. Bicaralah dengan penyedia layanan kesehatan Anda untuk perincian lengkap

Peringatan

Menyebabkan sensitivitas kulit terhadap sinar matahari. Bicaralah dengan penyedia layanan kesehatan Anda untuk perincian lengkap dan peringatan lainnya

Informasi di situs web ini dimaksudkan untuk tujuan pendidikan umum. Anda harus berbicara dengan penyedia layanan kesehatan atau apoteker Anda sebelum mulai menggunakan segala jenis perawatan.

 

Apa itu chemical peel?

Chemical peeling adalah bentuk perawatan jerawat yang tersedia di klinik swasta. Mereka menggunakan asam konsentrasi tinggi, seringkali glikolat atau salisilat, untuk memecah lapisan luar kulit.

Pengelupasan kimiawi sering dilakukan sebagai pengelupasan kulit setiap 4 hingga 6 minggu, tergantung seberapa dalam kulit tersebut menembus. Konsentrasi asam yang umum dalam kulit kimia mulai dari 15%.

Bagaimana cara kerja pengelupasan kimia?

Melalui penggunaan asam kosmetik, kulit kimia melepaskan lapisan luar kulit untuk mengungkapkan lapisan kulit baru di bawahnya, yang kurang terpengaruh dan ditandai oleh jerawat.

Zat kimia dalam kulit kimia juga bekerja untuk memecah penyumbatan sel-sel kulit mati, minyak dan puing-puing yang telah terperangkap di dalam folikel rambut.

Apa saja efek samping dari pengelupasan kimia?

Efek samping dari bahan kimia termasuk iritasi kulit, luka bakar, jaringan parut dan perubahan warna kulit (pigmentasi). Pengelupasan kimiawi untuk jerawat hanya boleh dilakukan oleh profesional tepercaya yang telah menjalani pelatihan khusus dan diakui dalam perawatan ini. Anda dapat mengetahui lebih lanjut tentang pelatihan ini di www.cosmeticstandards.org.uk .

Panduan umum tentang kulit kimia

Pengelupasan kimiawi dapat bertindak cepat dan perbaikan pada jerawat ringan hingga sedang sering terlihat dalam beberapa hari pertama setelah perawatan. Namun, mungkin membutuhkan waktu bagi pengelupasan kimia untuk memberikan manfaat maksimal yang dapat mereka tawarkan dan Anda mungkin ingin menyelesaikan pengelupasan penuh (seperti yang ditentukan oleh penyedia layanan kesehatan Anda) sebelum memutuskan apakah perawatannya berhasil untuk Anda.

Contoh rezim perawatan jerawat

Kulit kimia dapat digunakan sebagai bagian dari rezim perawatan jerawat yang lebih luas. Rezim-rezim ini melibatkan penggunaan perawatan jerawat dan kadang-kadang produk lain dengan cara yang terorganisir dengan tujuan memaksimalkan efektivitas pengobatan. Penting untuk diingat bahwa tidak semua perawatan jerawat dapat digunakan secara aman bersama dan bahwa Anda harus mencari saran dari apoteker atau penyedia layanan kesehatan Anda sebelum memulai atau menggabungkan perawatan apa pun. Klik di sini  untuk contoh rezim perawatan jerawat.

Harap perhatikan bahwa pengelupasan kimia tidak efektif melawan jerawat parah . Itu adalah jerawat yang terdiri dari banyak lesi yang menutupi suatu daerah, dengan adanya kista dan nodul, dan seringkali merupakan jaringan parut. Jika Anda memiliki jerawat yang telah berlangsung selama beberapa minggu dan semakin parah, meninggalkan bekas luka atau mempengaruhi kesehatan mental Anda, maka Anda harus mengatur untuk mengunjungi dokter umum Anda.