Home Course Faris Academy

Faris Academy

Faris Academy

Lesson 5.16 Treatment : Steroid Injection

Suntikan Steroid

Tujuan

Untuk dengan cepat mengurangi peradangan pada lesi jerawat

Efek samping

Perubahan warna kulit, infeksi dan penipisan kulit (atrofi). Bicaralah dengan penyedia layanan kesehatan Anda untuk perincian lengkap

Peringatan

Tidak mengobati penyebab jerawat. Bicaralah dengan penyedia layanan kesehatan Anda untuk perincian dan peringatan lengkap

Informasi di situs web ini dimaksudkan untuk tujuan pendidikan umum. Anda harus berbicara dengan penyedia layanan kesehatan atau apoteker Anda sebelum mulai menggunakan segala jenis perawatan.

 

Apa itu suntikan steroid?

Suntikan steroid adalah bentuk perawatan jerawat yang tersedia di klinik swasta. Steroid, dari kelompok yang dikenal sebagai kortikosteroid, dapat disuntikkan langsung ke lesi jerawat yang meradang untuk dengan cepat mengurangi ukurannya.

Bagaimana cara kerja injeksi steroid?

Suntikan steroid bekerja dengan cara memerangi peradangan dengan cepat dalam lesi jerawat. Dengan melakukan hal itu, mereka mengurangi jumlah kurir kimia dalam lesi yang mengirimkan sinyal ke sel darah putih untuk masuk dan melawan bakteri yang ada. Akibatnya, lebih sedikit sel darah putih memasuki lesi dan lebih sedikit, jika ada, nanah terbentuk.

Apa saja efek samping dari suntikan steroid?

Kemungkinan efek samping dari suntikan steroid untuk jerawat termasuk perubahan warna kulit, infeksi dan penipisan jaringan kulit (atrofi). Risiko efek samping meningkat secara signifikan jika suntikan steroid digunakan untuk mengobati lesi jerawat yang lebih kecil. Suntikan steroid untuk jerawat harus dilakukan oleh Konsultan Dermatologis.

Panduan umum tentang injeksi steroid

Suntikan steroid untuk pengobatan jerawat adalah tindakan cepat dan sering secara signifikan mengurangi ukuran lesi jerawat besar, seperti kista dan nodul, dalam waktu 24-72 jam.

Contoh rezim perawatan jerawat

Suntikan steroid dapat digunakan sebagai bagian dari rezim pengobatan jerawat yang lebih luas. Rezim-rezim ini melibatkan penggunaan perawatan jerawat dan kadang-kadang produk lain dengan cara yang terorganisir dengan tujuan memaksimalkan efektivitas pengobatan. Penting untuk diingat bahwa tidak semua perawatan jerawat dapat digunakan secara aman bersama dan bahwa Anda harus mencari saran dari apoteker atau penyedia layanan kesehatan Anda sebelum memulai atau menggabungkan perawatan apa pun. Klik di sini  untuk contoh rezim perawatan jerawat.

Harap dicatat bahwa suntikan steroid bukan pengobatan jangka panjang yang tepat untuk masalah jerawat yang sedang berlangsung dan tidak melakukan apa pun untuk mengobati penyebab jerawat itu sendiri.