5 Cara Mudah Jaga Daya Ingat Tetap Tajam

Seiring bertambahnya usia, kemampuan mengingat dan konsentrasi bisa saja menurun. Kondisi mudah lupa juga bisa disebabkan oleh faktor genetik dan gaya hidup. Namun, hal ini bisa diatasi agar daya ingat tetap terjaga.

Melansir dari Prevention, berikut lima cara sederhana yang bisa dilakukan agar daya ingat dan konsentrasi tetap tajam.

1. Diet mediteraniaDiet mediterania adalah pola makan yang kaya sayuran berdaun hijau, beri, kacang-kacangan, ikan, minyak zaitun, dan buah-buahan. Pola makan ini dapat mengembalikan usia kognitif hingga 7,5 tahun, menurut penelitian pada 2015. Dengan membatasi makanan seperti daging merah, makanan manis, dan gorengan dapat mengurangi risiko Alzheimer dan demensia sebesar 53 persen.

2. Olahraga“Anda harus melakukan olahraga yang disukai. Ini akan membuat pusat kesenangan di otak melepaskan dopamin,” kata Dr. Vidic. Hormon bahagia itu akan membantu kita tetap berolahraga. Luangkanlah waktu untuk melakukan olahraga ringan, kurang lebih 20 menit setiap hari.

3. Ungkapkan perasaan kepada teman yang dipercayaSebuah studi baru yang menarik dan dipimpin oleh Joel Salinas dari Sekolah Kedokteran Grossman New York menemukan memiliki hubungan sosial dengan pendengar yang baik yang dapat dipercaya berarti Anda melepaskan masalah dan stres dengan mudah. Hal itu dapat memperlambat penuaan otak.

4. Jalan cepatAnda dapat meningkatkan kehilangan memori dan meningkatkan skor kognitif dengan berjalan cepat 3-5 kali seminggu, menurut penelitian dari Texas dan Jepang. Dalam studi tersebut, orang paruh baya dan lebih tua dengan tanda-tanda awal kehilangan ingatan meningkatkan skor kognitif mereka setelah mulai sering jalan kaki. Mulailah dengan perlahan, lalu tingkatkan kecepatan berjalan secara bertahap selama seminggu. Anda akan mendapatkan pencapaian serta peningkatan kerja otak.

5. Berpikir positifKebiasaan berpikir dan bersikap positif dapat menjaga daya ingat seseorang tetap tajam. “Sikap positif penting untuk melindungi penuaan kognitif,” Dr. Radford-Graff. Manfaat ini diduga karena pikiran positif akan membantu seseorang untuk lebih antusias dalam menjalani kesehariannya. Terapkanlah cara-cara sederhana dan mudah di atas sebagai bagian dari kebiasaan sehari-hari untuk meningkatkan daya ingat dan konstrentasi.

ANDINI SABRINA | PREVENTION

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.