5 Tempat di Jepang ini Mirip Latar Film Spirited Away Studio Ghibli

Film animasi Spirited Away produksi Studio Ghibli meninggalkan kesan mendalam bagi para penggemarnya. Tak hanya tentang para tokohnya, seperti Chihiro dan Kaonashi (No Face), tapi juga tempat-tempat yang muncul dalam anime tersebut.

Sang kreator Hayao Miyazaki mungkin menggunakan imajinasinya menghadirkan tempat-tempat berkesan dalam film itu. Namun di Jepang, ada sejumlah lokasi yang tampak mirip seperti film itu. Berikut daftar tempat tersebut yang ternyata dikunjungi juga oleh para penggemar Ghibli:

Dogo Onsen, Prefektur Ehime

Struktur Dogo Onsen tetap sama sejak pertama kali dibangun pada 1893 dan menjadikan pemandian ini salah satu pemandian tertua yang masih beroperasi di Jepang. Studio Ghibli mengkonfirmasi bahwa pemandian di wilayah barat daya Shikoku ini digunakan sebagai salah satu model utama pemandian Yubaba, yang merupakan perpaduan arsitektur Jepang dan Barat.

Meski sudah hampir 20 tahun sejak film tersebut dirilis, Dogo Onsen masih menarik banyak penggemar Ghibli setiap hari. Ada dua pemandian yang berbeda di dalam gedung, Kami no Yu dan Tamano Yu, masing-masing memiliki biaya masuk individu untuk orang-orang yang berkunjung dalam perjalanan sehari.

Museum Arsitektur Terbuka Edo-Tokyo

Museum Arsitektur Terbuka Edo menampilkan segudang bangunan yang berdiri di dalam dan sekitar Tokyo antara abad ke-17 dan pertengahan ke-19. Saat membuat ‘Spirited Away’, Miyazaki mengunjungi situs seluas tujuh hektare itu untuk mencari inspirasi dan mengabadikan nuansa nostalgia bangunan museum. Salah satu pameran, bekas toko alat tulis bernama Takei Sanshodo, sangat mirip dengan ruang ketel yang dijalankan oleh tokoh Kamaji berkaki delapan.

Kanaguya

Meskipun tidak disebutkan sebagai sumber inspirasi oleh Studio Ghibli, Kanaguya masih menarik banyak penggemar ‘Spirited Away’ karena strukturnya yang luas dan interior merah mencolok yang menyerupai fitur megah pemandian yang terlihat di film. Ryokan yang berusia hampir seabad ini terletak di desa sumber air panas dengan sejarah 250 tahun.

Shima Onsen, Prefektur Gunma

Menurut staf Shima Onsen, Hayao Miyazaki sebenarnya tinggal di sini sebelum membuat ‘Spirited Away’. Pengunjung akan segera melihat pengaruh pemandian bersejarah ini di film, karena itu juga terletak di sisi lain jembatan merah. Dalam film tersebut, Chihiro harus menahan napas saat melintasi jembatan agar pengunjung lain tidak menyadari bahwa dia adalah manusia.

Stasiun Shimonada, Prefektur Ehime

Bagaimana rasanya naik kereta yang melintasi air ke tempat yang belum pernah dikunjungi sebelumnya? Rel kereta api yang indah ini membentang di sepanjang garis pantai. Dengan duduk dan menatap ke luar jendela kereta, pemandangan yang lewat terlihat persis seperti yang dilihat Chihiro ketika dia melakukan perjalanan untuk bertemu Zeniba, saudara kembar Yubaba, nyonya rumah pemandian di film Spirited Away.

TIMEOUT

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.