9 Tempat Ikonik untuk Merayakan Natal di Indonesia

Natal merupakan hari raya yang sakral sekaligus dinantikan bagi umat Kristiani. Momentum perayaan Natal tidak saja bisa diisi dengan menghias pohon Natal, bertukar kado atau menonton televisi film favorit keluarga saat Natal. Tapi, berkunjung ke tempat yang memiliki nilai religius bisa menjadi pilihan juga.

Indonesia juga memiliki banyak tempat yang menarik untuk dikunjungi saat perayaan Natal. Berikut 9 tempat paling menarik di Indonesia yang dapat dikunjungi saat Natal menurut Indonesia Travel:

Gereja Santo Fransiskus Asisi, Berastagi

Gereja ini diresmikan pada 2005 dengan arsitektur yang sangat menarik. Bangunan gereja memiliki tampilan depan serupa rumah adat Batak yang dilengkapi dengan Rumah Gugung Tirto Meciho dan taman indah dengan tumbuhan cantik juga akan membuat pengunjung takjub.

Gereja Katerdal, Jakarta

Gereja yang sangat terkenal ini memiliki nama lain dari Bahasa Jerman, yaitu De Kerk van Onze Lieve Vrowe ten Hemelopneming atau Gereja Santa Perawan Maria Diangkat ke Surga. Gereja yang dibangun pada 1810 ini memiliki arsitektur yang indah bergaya neo gotik Eropa. Di sini, umat Kristiani bisa merayakan Natal dengan penuh khidmat dan tenang.

Gua Maia Sendangsono, Yogyakarta

Bertempat kurang lebih 31 kilometer dari kota Yogyakarta. Uniknya, di sana terdapat satu sumber mata air yang dipercaya masyarakat dapat menyembuhkan penyakit jika menggunakannya.

Tempat ini juga sering dikunjungi sebagai tempat ziarah dan meditasi. Keindahan suasana dan kesejukannya juga bisa membuat tempat ini tidak hanya digunakan untuk melakukan ibadah tetapi juga bisa dinikmati keindahannya.

Gereja Blenduk, Semarang

Berlokasi di Kota Lama Semarang, gereja yang dibangun dengan arsitektur bergaya neo klasik estetik ini juga sering menjadi destinasi bagi wisatawan. Karena di sekitar gereja terdapat wisata-wisata lain, termasuk 3D Trick Art Museum dan Oasar Klitikan Kota Lama.

Gereja Pohsarang, Kediri

Gereja Katolik ini memiliki jenis tradisi Jawa, Tiongkok, Hindu dan Buddha yang kental. Ketika Natal dirayakan, tidak hanya menikmati keindahannya saja, pengunjung bisa berjalan-jalan menelusuri Tiga Jalan Salib, bermalam di Betlehem atau pondok Rosario yang biasa digunakan untuk tempat berdoa di Rosario.

Gereja Pniel Blimbingsari, Bali

Gereja ini memiliki pesona yang tidak terkalahkan dibanding tempat perayaan Natal lainnya. Rumah bangunan ibadah Nasrani ini dibangun menyerupai bentuk Pura. Perpaduan arsitektur bangunan itu mengkolaborasikan antara agama Nasrani dengan kebudayaan Bali di Blimbingsari. Menariknya, saat upacara keagamaan dimulai mereka biasanya akan menggunakan gong dan gamelan.

Patung Tuhan Yesus Memberkati, Tana Toraja

Monumen ini sudah menjadi kelas dunia. Patung yang dibangun pada 2013 setinggi 45 meter terdiri dari bangunan bawah kandean dulang dengan tinggi 22 meter. Patung itu berada di Kota Makale dengan latar belakang Gunung Buntu Burake. Tempat ini selalu ramai pengunjung, baik mereka yang ingin beribadah atau sekadar ingin berziarah.

Monumen Yesus Memberkati, Manado

Patung raksasa yang lainnya juga ada di Manado. Bertempat di Citraland Winangun Manado dengan latar belakang yang indah nan mempesona. Patung dibuat dengan kemiringan 20 derajat berdiri kokoh di Manado.

Kapela Tuan Ma dan Tuan Ana, Larantuka

Kapela ini berada di Kota Larantuka yang juga dikenal sebagai kota spiritual. Ada banyak kegiatan keagamaan yang bisa diikuti saat berkunjung ke sana, salah satunya cium Tuan Ana dan Tuan Ma. Terdapat dua patung suci, yaitu patung Yesus Kristus dan Patung Perawan Maria. Tempat ini pun sempurna untuk merayakan Natal.

SHELAMITA AZZAHRA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.