Berupaya Menurunkan Berat Badan, Ekstrak Tumbuhan Ini Baik Dikonsumsi

Pola makan dan aktivitas olahraga penting untuk menurunkan berat badan. Asupan makanan juga mempengaruhi proses untuk mengurangi bobot tubuh. Banyak tumbuhan yang kandungannya dapat membantu menurunkan berat badan.

Berikut beberapa ekstrak tumbuhan yang bisa bermanfaat untuk menurunkan berat badan:

Kelabat (Trigonella foenum-graecum) merupakan tumbuhan yang termasuk suku polong-polongan Mengutip Healthline, beberapa penelitian menemukan, bahwa kelabat atau fenugreek dapat membantu mengendalikan nafsu makan. Mengonsumsi 8 gram serat kelabat setiap hari dapat meningkatkan rasa kenyang dan mengurangi lapar. Ekstrak biji kelabat dapat menurunkan asupan lemak harian sebesar 17 persen, sehingga menurunkan kalori yang berlebihan tiap hari.

Cabai rawit mengandung senyawa capsaicin yang memberikan banyak manfaat kesehatan. Capsaicin dapat sedikit meningkatkan metabolisme, sehingga jumlah kalori yang dibakar tubuh menjadi lebih banyak.

Jahe bermanfaat untuk menurunkan berat badan dan lemak perut. Jahe juga meningkatkan metabolisme yang mengurangi penyerapan lemak dan nafsu makan.

Oregano mengandung carvacrol yaitu senyawa kuat yang dapat membantu mengurangi lemak tubuh.

Ginseng juga digunakan dalam pengobatan tradisional Cina untuk menunda penyerapan lemak. Ginseng pun bermanfaat untuk mengubah pembentukan lemak.

Lada hitam mengandung senyawa piperine yang memunculkan rasa pedas. Piperine bermanfaat untuk menghambat pembentukan sel lemak.

Kayu manis berguna untuk kestabilan gula darah juga mengurangi nafsu makan. Senyawa dalam kayu manis dapat meniru efek insulin, membantu mengangkut gula dari aliran darah ke sel lain untuk pembakaran, seperti dikutip dari National Center for Biotechnology Information.

WILDA HASANAH

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.