Ini Manfaat Omega 3 dan Omega 6 untuk Bayi

Omega 3 dan omega 6 adalah asam lemak yang sangat penting bagi manusia, terutama bagi bayi. Keduanya memiliki pengaruh baik terhadap perkembangan otak dan tubuh bayi.

Omega 3 dan omega 6 biasanya terkandung dalam berbagai jenis ikan seperti salmon, tuna, dan tongkol. Selain itu, asam lemak tersebut juga dapat ditemui pada kacang polong, bayam, daun papaya, brokoli, dan labu.

Dilansir dari laman RSUD Nyai Ageng Serang, sistem saraf pusat dan otak merupakan organ vital yang pertama dibentuk. Sel neuron otak mulai bertumbuh pada minggu ke-20 hingga ke-36 kehamilan dan terus disempurnakan hingga bayi berumur dua tahun.

Pada periode ini, sangat dianjurkan bagi ibu hamil untuk mengonsumsi ikan terutama ikan laut dan sayuran agar kebutuhan omega 3 dan omega 6 terpenuhi. Kedua asam lemak ini dapat membantu tumbuh kembang otak anak.

Selain menunjang tumbuh kembang otak, omega 3 dan omega 6 memiliki fungsi lain seperti berikut:

Omega 3

Omega 6

Tak hanya pada bayi, omega 3 dan 6 juga baik untuk memenuhi nutrisi anak dan remaja. Menurut penelitian yang dilakukan di Swedia, anak berusia 15 tahun yang makan ikan sedikitnya satu kali dalam seminggu mencatat prestasi tinggi dalam ujian intelijensi ketika mereka berusia 18 tahun dibandingkan dengan yang jarang mengonsumsi ikan.

MAGHVIRA ARZAQ KARIMA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.