Kenali 3 Bagian Telinga Beserta Fungsinya-SehatQ

Mengetahui bagian bagian telinga dan fungsinya penting bagi kita, mengingat indera ini memegang peranan penting dalam kehidupan sehari-hari. Hal ini terlihat dari banyaknya kegiatan yang melibatkan indera pendengaran.

Oleh sebab itu, tidak sedikit orang yang mengalami kesulitan ketika telinganya mengalami sedikit masalah. Kesulitan yang dihadapi antara lain menjalin komunikasi, bekerja dengan suara, atau sekadar bersantai sambil menonton serial drama.

Apa Saja Bagian-Bagian Telinga dan Fungsinya?

Fungsi utama yang diketahui secara umum adalah fungsi pendengaran pada telinga. Kita menggunakan pendengaran untuk hampir semua aktivitas kita sehari-hari, mulai dari bekerja, bersantai, berlibur, bersosialisasi, dan masih banyak lagi.

Namun, tahukah Anda bahwa fungsi organ yang terletak di sisi kepala ini memiliki banyak manfaat lain di setiap bagian yang ada. Simak penjelasan bagian-bagian telinga dan fungsinya di bawah ini.

  1. Telinga Luar

Bagian pertama yang sering Anda lihat di cermin atau orang lain adalah telinga luar. Secara umum, telinga luar terdiri dari pinna (daun telinga) dan liang telinga. Pinna adalah istilah untuk daun telinga yang menggunakan gelombang suara dan mengarahkannya ke saluran telinga.

Saluran telinga adalah lorong sempit di dalam telinga yang mengarah ke gendang telinga dan ke telinga tengah. Pinna atau daun telinga akan menangkap gelombang suara yang datang kemudian mengarahkan gelombang tersebut ke telinga tengah melalui liang telinga.

Suara yang merambat dalam gelombang melalui saluran telinga menyebabkan gendang telinga bergetar dan proses memahami gelombang suara dimulai pada titik itu.

Secara sederhana fungsi pinna adalah untuk menangkap dan mengarahkan gelombang suara ke dalam telinga sedangkan fungsi liang telinga sebagai saluran yang menghubungkan telinga luar dengan telinga tengah dan tempat proses pemahaman suara dimulai dengan memanfaatkan getaran.

  1. Telinga Tengah

Telinga tengah berisi tulang-tulang pendengaran dan sebuah tabung yang disebut Eustachius. Tulang-tulang pendengaran atau ossicles terdiri dari tiga tulang kecil, termasuk inkus, maleus dan stapes. Tulang stapes adalah tulang terkecil dalam tubuh manusia.

Tuba Eustachius adalah tabung sempit dengan panjang sekitar 3,5 cm. Tabung ini menghubungkan telinga dengan bagian luar hidung. Tulang-tulang ini berfungsi sebagai jembatan antara telinga bagian dalam dan gendang telinga dan bergerak dengan bergetar sebagai respons terhadap pergerakan gendang telinga.

Tabung Eustachius memiliki peran yang sangat penting dalam kehidupan manusia dimana berfungsi sebagai katup penyeimbang. Tabung memastikan bahwa suara dapat didengar dengan baik dan tekanan antara kedua sisi gendang telinga yang seimbang.

  1. Telinga bagian dalam

Bagian terakhir dari telinga dan fungsinya yang dibahas adalah telinga bagian dalam. Terdapat selaput koklea yang memiliki struktur berbentuk spiral dan menyerupai cangkang siput. Koklea sendiri terletak di labirin tulang dan memiliki beberapa bagian membran yang berisi cairan yang disebut endolimfe.

Selaput ini dilapisi dengan rambut-rambut kecil yang berjumlah lebih dari 15.000 sel rambut yang berfungsi sebagai penghantar gelombang suara ke saraf. Ketika cairan endolimfe di koklea bergerak, itu menciptakan fluktuasi pada rambut koklea.

Organ Corti yang merupakan reseptor pendengaran akan mengubah energi gelombang suara mekanik menjadi energi saraf dengan menciptakan impuls melalui sel-sel rambut kecil pada saraf listrik yang dikirim ke otak melalui vestibulocochlear atau juga dikenal sebagai saraf pendengaran.

Setelah mengetahui bagian-bagian telinga dan fungsinya, diharapkan Anda dapat lebih memahami pentingnya organ yang satu ini. Jangan ragu untuk memeriksakan telinga ke dokter, jika Anda kesulitan membersihkan telinga, atau merasa pendengaran Anda mulai berkurang.

Dengan Promo Kesehatan Anda dapat berkonsultasi lebih lanjut tentang kesehatan telinga dengan dokter secara online melalui aplikasi kesehatan SehatQ.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.