Penyebab Haid Tidak Lancar

Kondisi menstruasi atau haid yang dialami oleh setiap wanita biasanya menimbulkan efek khawatir dan juga rasa tidak mengenakan jika siklusnya berada diluar waktu normal.

Perasaan perasaan tertentu biasanya akan muncul di hati wanita dan terkadang menimbulkan kekhawatiran yang berlebih.

Jika anda mengalami haid yang tidak lancar, usahakan jangan panik, itu adalah hal yang banyak dialami oleh wanita di seluruh dunia.

Hal terbaik yang harus anda lakukan adalah mencari penyebab haid tidak lancar dengan berkonsultasi pada dokter.

Dengan seperti itu nantinya anda akan mendapatkan jawaban dan penanganan yang tepat untuk mengatasi masalah anda.

Penyebab Haid Tidak Lancar

Adapun, berikut ini adalah beberapa faktor yang biasanya menyebabkan seorang wanita memiliki haid yang tidak lancar.

  1. Menopause

Menopause adalah kondisi dimana produksi hormon estrogen dan juga hormon progesteron pada seorang wanita berkurang. Ini biasanya terjadi pada wanita yang sudah berusia tua berkisar di umur akhir 40 tahunan.

Jika anda ada di usia tua dan siklus haid tidak berjalan lancar mungkin anda sudah terkena menopause. Ini adalah kondisi normal dan pasti dialami oleh wanita yang sudah berumur.

  1. Kehamilan

Salah satu tanda tanda seorang wanita memiliki kehamilan adalah berhentinya haid yang biasanya terjadi secara rutin. Jika anda mengalami ini dan sedang menjalani program hamil ada baiknya anda melakukan tes kehamilan untuk memastikan apakah anda dalam keadaan positif atau negatif.

Selain itu, anda juga bisa menghubungi dokter kandungan untuk memastikan penyebab dari haid yang tidak lancar. Namun, biasanya mereka akan memberikan rekomendasi berupa USG ataupun tes kehamilan.

Bagi seorang wanita yang baru menikah, haid yang tidak lancar terkadang menjadi kegembiraan tersendiri. Ini dikarenakan adanya harapan bahwa hal tersebut menjadi tanda bahwa ada janin yang sudah terkandung di dalam perutnya.

  1. Alat Kontrasepsi

Dengan menggunakan alat kontrasepsi seperti misalnya pil KB, seorang wanita dimungkinkan untuk memiliki siklus menstruasi yang berubah ubah.

Ketika seorang melakukan KB. Biasanya darah yang keluar saat haid jumlahnya sedikit, utamanya ketika anda berada pada masa masa awal penggunaan KB. Dalam kondisi tertentu, haid bisa saja tidak terjadi sama sekali pada anda sampai waktu 6 bulan.

Adapun, penggunaan KB biasanya dilakukan oleh pasangan yang ingin menunda kehamilan dengan alasan tertentu. Selain itu wanita yang menggunakan KB biasanya juga adalah mereka yang sudah merasa cukup dengan buah hati yang dimiliki dan tidak ingin menambahnya lagi.

  1. Pola Hidup Kurang Sehat

Penyebab haid tidak lancar lainnya adalah pola hidup yang tidak sehat dan juga beberapa faktor lainnya seperti misalnya stress. Selain itu, terkadang olahraga yang terlalu berlebihan juga bisa mempengaruhi siklus haid menjadi tidak lancar.

Faktor lainnya bisa juga disebabkan oleh program diet yang dilakukan secara ketat, atau sebaliknya, yakni terlalu banyak makan sehingga tubuh menjadi obesitas.

Kedua hal tadi bisa menyebabkan hormon reproduksi yang salah satu tugasnya adalah untuk mengatur haid menjadi berkurang (hipogonadisme) sehingga haid siklusnya menjadi berantakan.

  1. PCOS

PCOS atau biasa dikenal dengan sindrom ovarium polikistik adalah kondisi dimana seorang wanita mempunyai kelainan hormon sehingga masa haid menjadi lebih panjang atau malah jarang.

Wanita yang mengidap PCOS, proses pelepasan telur menjadi tidak normal. Ini mengakibatkan seseorang bisa tidak mengalami haid atau ketika mengalami haid darah yang keluar hanya sedikit. Tentu saja itu tidak normal.

  1. Masalah di Tiroid

Seperti diketahui, kelenjar tiroid adalah sebuah kelenjar yang ada di leher. Kelenjar ini fungsinya adalah untuk melakukan pengaturan pada metabolisme tubuh. Jadi ketika ia bermasalah, proses lain pun ikut terpengaruh, termasuk proses menstruasi.

Untuk mengetahui apakah anda terkena masalah pada tiroid anda harus mengunjungi dokter dan melakukan tes darah untuk mengetahui kadar hormon tersebut di dalam tubuh.

Adapun, selain masalah masalah yang disebutkan diatas, penyabab haid tidak lancar bisa juga disebabkan oleh pengkonsumsian obat obatan tertentu, diabets dan penyakit lain yang tidak diketahui.

Cara Mengatasi Haid yang Tidak Lancar

Cara terbaik untuk mengatasi mens yang tidak berjalan lancar adalah mengetahui akar atau penyebab-penyebabnya. Dengan seperti itu anda akan lebih mudah dalam hal menanganinya.

Dalam kondisi tertentu anda bisa menghubungi dokter untuk melakukan konsultasi. Nantinya dokter akan menganalisa dari setiap tanda-tanda yang dimiliki hingga mengobati anda dengan cara cara tertentu.

Adapun, sebelum berkonsultasi dengan dokter anda mungkin bisa melakukan beberapa cara ini untuk mengatasi masalah mens yang tidak lancara.

  • Hidup lebih sehat dengan memperbaiki gaya hidup dan juga mengelola stress dengan baik.
  • Jika anda mengalami stress anda disarankan untuk melakukan konseling
  • Anda bisa melakukan pemeriksaan organ intim atau reproduksi dengan rutin.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.