Perbedaan Virtual Account dan Akun Biasa Serta Manfaat Virtual Account

Virtual account adalah akun pembayaran yang dibuat khusus untuk setiap pengguna. Akun ini umumnya dibuat secara otomatis saat Anda melakukan pembayaran online, dan tidak dapat digunakan oleh siapa pun kecuali Anda sendiri.

Bentuk virtual account dapat bervariasi sesuai dengan penyedia atau bank pengguna. Namun, virtual account umumnya berupa kombinasi angka atau huruf yang unik. Saat ini hampir semua bank memiliki virtual account untuk memudahkan nasabah bertransaksi secara online.

Apa Perbedaan Antara Virtual Account dan Akun Biasa?

Meski ada beberapa perbedaan signifikan antara virtual account dan akun biasa, berikut penjelasannya.

  • Dalam hal Penggunaan Internet

Saat menggunakan rekening biasa, ada dua cara bertransaksi yang paling umum, yaitu dengan menyetor atau menerima uang tunai melalui teller atau melalui ATM. Kedua jenis transaksi tersebut memiliki kekurangannya masing-masing.

Transaksi melalui teller mengharuskan Anda datang langsung ke bank. Sedangkan jika melalui ATM, Anda harus mencari ATM terdekat sesuai dengan rekening bank Anda. Namun, Anda tidak perlu kemana-mana jika menggunakan virtual account .

  • Dalam hal layanan

Selanjutnya dari segi pelayanan, pengguna virtual account melakukan self service (pelayanan kepada diri sendiri). Hal ini tentunya berbeda dengan ketika Anda datang ke bank kemudian semua kebutuhan Anda dilayani oleh seorang teller.

Cara kerja virtual account adalah dengan menghasilkan kode otomatis bagi pengguna yang ingin bertransaksi secara online. Jika ingin transaksi berhasil, pengguna virtual account harus melakukan self service dengan memasukkan kode sesuai petunjuk pembayaran.

  • Dalam hal Alur Transaksi

Cara kerja virtual account memang lebih rumit dari akun biasa, karena pembayaran harus Anda tangani sendiri. Namun, selama informasi alur transaksi yang diberikan jelas dan lengkap, Anda tidak akan kesulitan melakukan pembayaran melalui virtual account.

  • Dalam hal Pencatatan Transaksi

Pernahkah Anda bingung saat kehilangan bukti pembayaran melalui rekening biasa? Hal ini tidak akan terjadi pada Anda jika bertransaksi dengan virtual account. Setiap kode yang dihasilkan virtual account adalah kode unik yang hanya dapat digunakan oleh satu orang.

Oleh karena itu, saat melakukan pembayaran melalui virtual account, pihak bank akan langsung mengetahui bahwa pengirimnya adalah Anda.

Manfaat Virtual account

  • Transaksi Dapat Dilakukan Dimanapun dan Kapanpun

Keuntungan dari virtual account yang akan kita bahas pertama adalah fleksibilitas transaksi. Dengan virtual account, Anda tidak perlu mengalami dua peristiwa ini. Jika ingin melakukan pembayaran, cukup buka m-banking dan masukkan kode virtual account, tidak perlu ke bank atau ATM.

  • Birokrasi Lebih Pendek

Manfaat berikutnya dari virtual account adalah birokrasi yang lebih pendek dan lebih sedikit memakan waktu. Ketika kita pergi ke bank atau ATM, kita mungkin perlu mengantri sebelum dapat bertransaksi.

Ini tidak memperhitungkan resiko menunggu terlalu lama untuk layanan teller atau kerusakan ATM. Anda tidak harus berurusan dengan hal-hal semacam ini saat menggunakan virtual account.

  • Melayani Segala Jenis Transaksi

Saat ini, berbagai penyedia virtual account telah mengembangkan fitur-fitur inovatif untuk mempermudah transaksi Anda. Anda dapat mengakses sebagian besar layanan virtual account yang ada di berbagai marketplace dan aplikasi. Jadi jika Anda ingin membeli produk atau menarik dana secara online, Anda cukup menggunakan virtual account.

  • Tidak Perlu Konfirmasi Pembayaran

Manfaat terakhir dari virtual account adalah pengguna tidak perlu repot menyimpan bukti atau mengkonfirmasi pembayaran. Akun virtual account adalah akun pengguna tunggal. Sehingga setiap nasabah bank yang memiliki virtual account identitasnya terdeteksi secara otomatis oleh pihak bank, tanpa harus membuktikan pembayaran.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.