Top 3 Tekno Berita Hari Ini: Antibodi Penetral Omicron, Kaleidoskop Ivermectin

Top 3 Tekno Berita Hari Ini, Selasa 28 Desember 2021, dipuncaki artikel berisi berita gembira. Tim ilmuwan internasional telah mengidentifikasi antibodi yang bisa menetralkan Omicron dan varian SARS-CoV-2 lainnya. Antibodi itu menargetkan area protein paku si virus yang pada dasarnya tetap tidak berubah saat virus bermutasi.

Terpopuler kedua adalah berita Kaleidoskop 2021 yang merangkum peristiwa sains, lingkungan, digital, dan game yang pernah mewarnai Indonesia dan dunia untuk periode Juli-Agustus. Di dalamnya memuat pro dan kontra Ivermectin sebagai obat corona dan nasib GeNose setelah Covid-19 menggila.

Berita terpopuler yang ketiga adalah bagian kedua dari Edisi Akhir Tahun Tempo tentang para pejuang vaksin. Dalam bagian ini termuat empat tokoh terpilih yang mewakili perjuangan para dokter dan vaksinator di lapangan.

Berikut Top 3 Tekno Berita Hari Ini, Selasa 28 Desember 2021, selengkapnya,

1. Ilmuwan Identifikasi Antibodi yang Dapat Menetralkan Varian Omicron

Sebuah tim ilmuwan internasional telah mengidentifikasi antibodi yang menetralkan Omicron dan varian SARS-CoV-2 lainnya. Profesor Biokimia dari University of Washington School of Medicine, David Veesler, yang merupakan pemimpin studi menerangkan, antibodi itu menargetkan area protein spike virus yang pada dasarnya tetap tidak berubah saat virus bermutasi.

Menurut Veesler, temuannya bisa dimanfaatkan untuk merancang vaksin dan perawatan antibodi yang akan efektif terhadap tidak hanya varian omicron tetapi varian lain yang mungkin muncul di masa depan. “Temuan ini fokus pada antibodi yang menargetkan situs yang terkonservasi pada protein spike, dan memberi tahu kita ada cara untuk mengatasi evolusi berkelanjutan virus,” ujar dia pada Senin, 27 Desember 2021.

Varian omicron memiliki 37 mutasi pada protein spike, yang digunakan untuk menempel dan menyerang sel—jumlah mutasi yang luar biasa tinggi. Diperkirakan bahwa perubahan ini menjelaskan sebagian mengapa varian itu dapat menyebar begitu cepat, menginfeksi orang yang sudah divaksinasi dan menginfeksi kembali mereka yang sebelumnya terinfeksi.

2. Kaleidoskop 2021: Ivermectin Jadi Pro dan Kontra, GeNose Ditarik Massal

Kanal Tekno berusaha merangkum segenap peristiwa sains, lingkungan, digital, dan game yang pernah mewarnai Indonesia dan dunia—hingga di luar Bumi—sepanjang tahun ini dalam Kaleidoskop 2021. Popularitas lewat tingkat keterbacaan artikelnya menjadi parameter utamanya.

Kita sudah sampai di Kaleidoskop 2021 periode Juli-Agustus. Berikut ini tujuh peristiwa terpilihnya, dimulai dari peristiwa panic buying Susu Bear Brand yang mendapat tanggapan dari dosen di IPB University. Dia menjelaskan fakta kandungan nutrisi susu merek itu.

Peristiwa lainnya, di antaranya, adalah pro dan kontra Ivermectin untuk obat corona, lockdown di Malaysia yang ternyata berdampak kepada krisis chip dunia, kebakaran hutan dahsyat di Eropa dan alat screening Covid-19 GeNose yang mulai ditinggalkan.

3. Edisi Akhir Tahun Tempo: Para Pejuang Vaksin di Lapangan

Vaksinasi adalah kunci yang dibutuhkan untuk bisa ke luar dari pandemi Covid-19, terlebih dengan varian baru virusnya yang belum kunjung putus. Kebutuhan ini telah melahirkan mereka, para pejuang vaksin, yang berjibaku dalam palagan mereka masing-masing demi satu tujuan: membuat seluruh anak negeri terproteksi dari Covid-19 sekarang dan jangka panjang.

Tempo mencoba mengangkat peran para pejuang vaksin itu dalam edisi khusus akhir tahun 2021. Tulisan ini adalah bagian kedua, yakni tentang para dokter dan vaksinator yang berjuang di lapangan. Tak terkira aneka tantangan yang mereka hadapi. Mulai dari medan geografis sampai resistensi dari masyarakatnya.

Sebanyak empat tokoh terpilihnya berikut ini pasti tak mampu mewakili peran puluhan ribu dokter dan vaksinator di era vaksinasi massal Covid-19 sekarang ini. Tapi, mampu menggambarkan keringat dan siasat yang dicurahkan, juga kasih yang diberikan, bersama hasrat melindungi bangsa ini dari pandemi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.